Praya – Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) Wilayah XIV Mataram memiliki tanggung jawab besar dalam mengemban tugasnya. Yaitu membina dan mengawasi perguruan tinggi keagamaan islam di wilayah bali nusra. Kopertais 14 berupaya untuk meningkatkan mutu perguruan tinggi seperti akreditasi, jenjang karir dosen, pembinaan kelembagaan, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

ada 28 Januari 2021 lalu, telah dilaksanakan pembinaan kelembagaan dan ketenagaan di Aula Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Darussalimin Nahdlatul wathan Praya oleh kopertais Wilayah XIV Mataram yang dihadiri lansung DR. H. Nazar Naamy, M.Si. selaku Sekretaris.

Nazar Naamy berkata hanya ada beberapa PTKIS yang terakreditasi B, oleh sebab itu perlu dilaksanakan pembinaan. Sehingga pihaknya tengah mendorong PTKIS yang ada dilingkungan Kopertais wilayah XIV Mataram untuk berbenah, diri sehingga dapat mencapai taraf yang lebih tinggi.

“untuk mencapai hal itu tentunya penguatan dan perhatian juga sangat kedekatan kepada Lembaga Penjamin Mutu (LPM), karena tidak ada kampus hebat yang ada di tangan LPM. Jadi harus diberdayakan LPM itu. Di banyak kampus di Lombok ini, itu yang tidak diberdayakan,” tegasnya.

Dalam implementasinya, Kopertais 14 juga memberikan berbagai pelatihan kepada dosen di Perguruan Tinggi Islam Swasta (PTIS) yang ada di wilayahnya. Diantaranya, melatih dosen dalam berbagai hal seperti pelatihan kurikulum, strategi pembelajaran, evaluasi pembelajaran, penulisan karya ilmiah, dan pengelolaan jurnal. Tujuannya adalah agar dosen lebih siap dalam proses pengajaran. Karena kapasitas dosen yang layak akan melahirkan benih-benih unggul di masa mendatang.

Oleh sebab itu mari kita sama-sama berjuang,saling merangkul untuk mendapatkan apa yang kita harapkan di kampus ini,tegasnya.