Mataram – Koordinatorat Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) Wilayah XIV Mataram menggelar Workshop Penguatan Akademik Dan Kelembagaan PTKIS Kopertais Wilayah XIV Mataram bersama Wakil Rektor I/Wakil Dekan I/Pembantu Ketua I dan Ketua LPM atau Ketua P2M Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta Bali, NTB, dan NTT bertajuk “Menuju Akreditasi Unggul” yang berlansung di Ruang Sidang UPT Perpustakaan Kampus II UIN Mataram kampus II jl. Gajah Mada Pagesangan No.100, Jempong Baru, Kec. Sekarbela, Kota Mataram, NTB (4-5/11/2021).

Workshop yang digelar selama dua hari tersebut dihadiri oleh Prof. Dr. Suyitno, M.Ag. (Direktur PTKI Dirjen Pendia Kemenag RI), Suparto, M.Ed., Ph.D (Asesor BAN-PT), Prof. Dr. H. Masnun, M.Ag. (Koordinator Kopertais Wilayah XIV Mataram), Dr. H. Nazar Naamy, M.Si. (Sekretaris Kopertais Wilayah XIV Mataram), Dr. Winengan, M.Si., (Ketua LPM UIN Mataram), Dr. Saparudin, M.A. (Wakil Dekan FTK UIN Mataram).

Koordinator Kopertais Wilayah XIV Mataram Prof. Dr. Masnun, M.Ag. saat membuka acara

Rektor UIN Mataram selaku Koordinator Kopertais Wilayah XIV Mataram Prof. Dr. H. Masnun, M.Ag., memberikan sambutan hangat dan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Workshop Penguatan Akademik Dan Kelembagaan PTKIS ini, beliau menyampaiakan Tata Kelola dalam meningkatkan mutu Perguruan Tinggai adalah melalui Akreditasi. Akreditasi merupakan kegiatan penilaian sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan berdasarkan Standar Nasional Pendidikan Tinggi (Pasal 55 (1) Undang-undang Nomor 12 Tahun 2012). Perguruan tinggi juga dapat berpedoman pada Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2020 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi.

Ia melanjutkan, BAN PT saat ini menilai bahwa salah satu poin tinggi dalam aspek penilaian sebuah perguruan tinggi adalah poin karir dosen di masing-masing PT. Di situlah akhirnya, mulai banyak Perguruan Tinggi yang sadar dengan memberdayakan dan menjadikan dosen bukan hanya sebagai instrumen, tetapi sudah sebagai aset. “Perguruan Tinggi yang menjadikan dosen sebagai aset itu akan lebih hebat, lebih cepat, lebih responsif dan akan ada perhatian besar terhadap bagaimana memberdayakan karir dosen itu.” lanjutnya.

Selain itu Koordinator Kopertais Wilayah XIV Mataram juga menyampaikan ke depan yang membuat kita bermutu itu adalah Asesmen dari BAN PT, maka kita harus fokus setiap waktu untuk mempersiapkan diri, sehingga tidak ada kata tidak siap sebuah Program Studi atau Institusi untuk diakreditasi.