Mataram – Koordinatorat Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) Wilayah XIV Mataram menggelar Workshop Penelitian Dan Pengabdian dengan mengangkat tema “Penguatan Kapasitas Dosen PTKIS Dalam Penelitian Dan Pengabdian” yang diikuti oleh dosen dari Perguruan Tinggi binaan Kopertais Wilayah XIV Mataram , kegiatan yang berlansung di Ruang Rapat Kampus I UIN Mataram (Sabtu, 20/11/2021).

Acara Workshop dibuka lansung Rektor UIN Mataram selaku Koordinator Kopertais Wilayah XIV Mataram Prof. Dr. H. Masnun, M.Ag. dalam sambutannya sangat mengapresiasi ikhtiar Kopertais Wilayah XIV Mataram dalam rangka meningkatkan kualitas dan mutu perguruan tinggi di bidang penelitian dan pengabdian. “Saya memberikan apresiasi yang tinggi kepada Kopertais Wilayah XIV Mataram di tengah pandemi Covid-19 masih bisa melakukan kegiatan rutinitas untuk meningkatkan mutu penelitian dan pengabdian. Tentunya dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak, dan cuci tangan,” tegasnya.

Hubungan antara penelitian dengan pengabdian harus ditingkatkan. “Tanpa membudayakan tulis menulis, tuliskan apa yang dikerjakan dan kerjakan apa yang ditulis, tidak akan berkembang dengan baik tradisi penelitian dan pengabdian untuk peningkatan kualifikasi mutu pendidikan. Oleh karenanya, penelitian, pengabdian tak bisa dipisahkan karena penelitian tidak hanya mengisi ruang-ruang kosong, tapi harus beriringan saling melengkapi untuk mendorong publikasi ilmiah yang lebih baik,” tuturnya.

Ia melanjutkan, Dalam melakukan pengabdian di tengah masyarakat dosen harus tampil memberikan solusi. “Tahun 2021 itu tahunnya riset, yang ingin kita dorong dari penerima manfaat secara masif itu masyarakat. Dari outputnya itu dosen mampu melakukan pendampingan dan pemberdayaan terhadap masyarakat. Bukan untuk menggurui mereka, tapi harus menjadi mitra dalam jangka waktu yang lama, bukan sebentar, sehingga proses hilirisasi terjadi,” tandasnya..” lanjutnya.

Workshop Penelitian Dan Pengabdian Kopertais Wilayah XIV Mataram kali ini mengundang Prof. Dr. Suprapto, M.Ag. (Guru Besar UIN Mataram) dan Prof. Dr. Hj. Atun Wardatun, M.Ag., Ph.D. (Guru Besar/Kepala LP2M UIN Mataram).