Lombok Timur – Koordinator Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) Wilayah XIV Mataram lakukan visitasi lapangan pembukaan program studi (prodi), Sabtu (19/6/2021).

Kegiatan visitasi yang bertempat di ruang rapat KIAI Hamzanwadi II dihadiri oleh Sekretaris kopertais XIV bpk Dr. H. Nazar Na’amy, M.Si., Beserta Tim Ahli Akreditasi dan Kurikulum Dr. Muhammad Thohri, M.Pd., Dr. H.S. Ali Jadid Al-Idrus, M.Pd., Dr. Saparudin, M.A., dan Didik Dzikriadi, A.Md. selaku ketua Tim Visitasi.

Wakil Rektor I H Azharullail, M.Pd.I., mengungkapkan alasan pembukaan prodi-prodi ini sebagai jawaban dari tuntutan dan kebutuhan masyarakat yang semakin berkembang di era sekarang, di lain hal tujuan pembukkan prodi baru ini adalah untuk menuju transformasi Institut Agama Islam ke universitas. Adapun Program Studi yang akan dibuka adalah Prodi S1 Ilmu Al qur’an dan Tafsir, Prodi S1 Sosiologi islam, Prodi S1 Ekonomi Syariah, Prodi S1 Manajemen Pendidikan Islam, Prodi S1 Manajemen Dakwah dan Prodi S1 Bimbingan dan Konselinmg Islam.

Sekretaris Kopertais XIV Mataram, Dr Nazar Naamy dalam sambutannya menegaskan bahwa dalam pengembangan perguruan tinggi harus dilakukan dengan serius dn manajemen modern. Syarat migrasi ke universitas harus memenuhi SDM, misalnya tenaga dosen yang berNIDN, Kelembagaan dan sarana maupun prasarana.

Adapun lembaga-lembaga penopang perguruan tinggi seperti LPM dan LP2M harus diberdayakan dengan maksimal. Sebab, jantung dari mutu pendidikan sebuah perguruan tinggi itu ada di LPM dan LP2M. LPM itu selevel dengan dengan jabatan Dekan dan Wakil Rektor. Jadi, jaminan mutu prodi itu berada di bawah kendali LPM. Ini yg harus dibaca ulang supaya tahu tufoksi masing-masing. jelasnya.