Lombok Timur – Kopertais Wilayah XIV Mataram memiliki tanggung jawab besar dalam mengemban tugasnya. Yaitu membina dan mengawasi perguruan tinggi keagamaan islam di wilayah bali nusra. Kopertais 14 berupaya untuk meningkatkan mutu pergutuan tinggi seperti akreditasi, jenjang karir dosen, pembinaan kelembagaan, dan peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM), termasuk mahasiswa.

Pada kesempatan kali ini Sekretaris Kopertais Wilayah XIV Mataram DR. H. Nazar Naamy, M.Si. melakukan silaturahim sekaligus pembinaan kelembagaan dan ketenagaan ke kampus Institut Agama Islam Hamzanwadi Nahdlatul Wathan (IAIH NW) Lombok Timur pada Kamis 28 Januari 2021.

DR. H. Nazar Naamy, M.Si. memiliki target untuk menjadikan seluruh prodi yang ada di PTKIS di Wilayah Bali-NTB-NTT mendapat akreditasi minimal B. Maka itu, Kopertais Wilayah XIV Mataram melakukan monitoring dan pembinaan terhadap PTKIS di lingkungan Kopertais Wilayah XIV Mataram ini.

Kedepannya Kopertais 14 juga memberikan berbagai pelatihan kepada dosen di Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) yang ada di wilayahnya. Diantaranya, melatih dosen dalam berbagai hal seperti pelatihan kurikulum, strategi pembelajaran, evaluasi pembelajaran, penulisan karya ilmiah, dan pengelolaan jurnal.Tujuannya adalah agar dosen lebih siap dalam proses pengajaran.

”karena penekanan peningkatan mutu dosen. Aspeknya kelembagaan dan ketenagaan,” ujarnya.
Teman-teman dosen yang sudah punya Nomor Induk Dosen Nasional (NIDN) ayo berlomba-lomba meningkatkan kapasitas dan jabatan fungsional (Jafung),” tandasnya.

Tambahannya, peningkatan pangkat jabatan fungsional itu sangat dibutuhkan baik oleh lembaga itu sendiri maupun dosen dalam meningkatkan kualitas lembaga, apalagi ada rencana mau upaya universitas.