Rapat Kerja Kordinator Perguruan Tinggi Islam (Kopertais) Wilayah XIV dengan para PIMPINAN PTKIS di buka lansung oleh Kordinator wilayah XIV Mataram Prof Dr. Mutawali, M.Ag, pada 2 September 2020, bertempat di Auditorium UIN Mataram. Tak lupa beberapa penyampaian Koordinator Kopertais Wilayah XIV Mataram Prof. Dr. H. Mutawali, M.Ag., salah satunya Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta membutuhkan kemandirian dalam mengelola perguruan tinggi, apalagi di era revolusi sekarang ini. Acara ini dihadiri 34 orang pimpinan PTKIS di bawah binaan Kopertais Wilayah XIV Mataram sebagaimana yang diharapkan oleh sekretaris Kopertais XIV Mataram. Tujuan dari kegiatan rakerpim ini adalah diharapkan terjalinnya komunikasi dan informasi dalam bentuk koordinasi antara Kopertais XIV Mataram dengan PTKIS yang ada dibawah binaannya, dan meningkatkan mutu pengelolaan dan mutu pelayanan. Kegiatan ini juga diharapkan menjadi semangat baru bagi teman-teman PTKIS.

Rapim PTKIS yang berlansung selama dua hari ini melahirkan organisasi baru dalam lingkungan PTKIS, Para peserta lebih fokus dalam membahas pembentukan forpim, program kerja Forum Pimpinan PTKIS dan rekomendasi ke Kopertais wilayah XIV Mataram.

Setelah adanya kesepakatan dari sekretarsi kopertais XIV Dr. H. Nazar Naamy, M.Si, dengan para pimpinan PTKIS yang sekarang dalam naungan Kopertais Wilayah XIV Mataram memiliki organisasi sentral dan bersifat mandiri. sekretarsi kopertais XIV dan pimpinan SPTKIS dalam Rapat Pimpinan Kopertais XIV Mataram, menyetujui terbentuknya Forum Pimpinan (Forpim) PTKIS Kopertais Wilayah XIV Mataram. Organisasi ini bertujuan untuk mencapai kemandirian dalam meningkatkan mutu PTKIS di lingkungan Kopertais Wilayah XIV Mataram.

Pada rapat Pimpinan PTKIS tersebut forum pemilihan pengurus harian diwakili dari masing-masing komisi yaitu komisi I-V adalah sebagai berikut: Dr. H. M. Natsir, M.Pd (STIT Al Aziziyah Kapek Lombok Barat) sebagai Ketua Umum; Asbullah Muslim, M.Pd. (Institut Elkatarie Lombok Timur), sebagai Sekretaris Umum; Ahmad Lutfi Rijahul Fikri, M.E. (Institut Elkatarie Lombok Timur), sebagai Wakil Sekretaris; Supriani, S.H., M.Kn. (STIS Darussalam Lombok Barat) sebagai Bendahara Umum; Jumari, SP., M.Pd. (Institut Elkatarie Lombok Timur), sebagai Wakil Ketua Bidang Akademik; Dr. H. mahsan, S.H., M,Hum. (Institut Elkatarie Lombok Timur), sebagai Wakil KetuaBidang Ketenagaan & Kelembagaan; Dr. H. Muhammad Ahyar, S.Ag., M.Si. (Institut Elkatarie Lombok Timur), sebagai Wakil Ketua Bidang kemahasiswaan; Dr. Syukri Abubakar, M.Ag. (Institut Elkatarie Lombok Timur), sebagai Wakil Ketua Bidang P2M, Publikasi dan HKI; Bayu Islam Asasaki SS., M.Hum. (Institut Elkatarie Lombok Timur), sebagai Wakil Bendahara; Para pengurus tersebut menjadi Pengurus Harian Forpim PTKIS Kopertais Wilayah XIV Mataram untuk masa bakti 2020-2023.

Rapat Pimpinan PTKIS Rapim ini juga dihadiri oleh narasumber M. Adib Abdushomad, M.Ed., Ph.D (Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama) dengan materi Challenges And Strategies Of Developing And Strengthening Islamic Higher Education via aplikasi zoom.
Dalam agenda rapat FORPIM terakhir pada kamis 3 september Ketua forpim Dr. H. M. Natsir, M.Pd. menyampaikan hasil pemilihan ketua forpim beserta anggotanya dan kemudian dilanjutkan acara penutupan dengan do’a bersama para peserta pimpinan PTKIS naungan Kopertais Wilayah XIV Mataram.