Mataram – Kopertais Wilayah XIV Mataram menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta Bali, NTB, dan NTT dengan tema Menuju PTKIS Mandiri, dan Unggul yang berlansung di Ruang rapat Kopertais XIV, Sabtu 29 Mei 2021.

Dibuka langsung oleh Koordinator kopertais XIV Mataram Prof. Dr. Mutawali, M.Ag., ia menyampaikan Workshop ini bertujuan sebagai upaya membangun dan mengembangkan inovasi pendidikan di Lingkungan PTKIS.
Lewat kegiatan ini diharapkan mampu memberikan masukan kepada pimpinan ptkis agar terus meningkatkan mutu pendidikan dan juga menjadi ptkis yang mandiri dan unggul. Hal ini merupakan sebuah perhatian khusus kita akan kemajuan kampus kedepan,” terangnya.

Direktur PTKI Prof. Dr. Suyitno, M.Ag dalam paparannya transformasi menjadi penting dalam rangka meningkatkan mutu perguruan tinggi. “Jika masih ada PTKI yang tidak memperhatikan mutu, maka tunggulah saatnya untuk mati”.
Prestasi PTKI saat ini diukur dari capaian akreditasi, if you want to see the quality of Higher Education you see through their accreditation”. Kemudian ada penguatan publikasi atau jurnal , “The Leader Of Knowledge” papar Suyitno.

Sementara itu, Kasubdit Kelembagaan dan Kerjasama M. Adib Abdushomad, M.Ed., Ph.D mengatakan kami sedang menyiapkan perangkat kelembagaan agar PTKI dapat leluasa meningkatkan kualitasnya. Salah satunya dengan penyusunan Draf Peraturan Menterai Agama terkait dengan pendirian, pncabutan, pembubaran dan perubahan bentuk PTKI.