Mataram – Dalam rangka penguatan data pada Perguruan Tinggi Keagaman Islam Swasta Kopertais Wilayah XIV Mamtaram menyelenggarakan Workshop Penguatan Operator Data Emis dan Sistem Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) pada PTKIS, 23 November 2021. Workshop yang digelar di ruang Rapat Kampus I Universitas Islam Negeri (UIN) Mataram mengundang narasumber diantaranya Ramli, S.Ap. (Kepala Bagian Data PDDikti Universitas Muhammadiyah Mataram) dan Endrawati, S.Kom., M.E. (Pengelola Data Emis UIN Mataram).

Wakil Rektor I UIN Mataram Prof. Dr. H. Adi Fadli, M.Ag., saat membuka acara menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Workshop Penguatan Operator Data Emis dan Sistem Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDIKTI) ini, Ia juga menyampaikan pelaksanaan kegiatan ini sangat bermanfaat, karena pengelola Data Emis dan PDDikti tidak bisa dilepaskan dari kebutuhan perguruan tinggi. selanjutnya beliau berharap agar kegiatan tersebut diikuti secara penuh oleh seleuruh peserta secara aktif sampai selesai dengan tetap menerapkan protocol kesehatan.

Sekretaris Kopertais XIV Mataram, Dr. H. Nazar Naamy, M.Si, mengatakan bahwa peserta workshop merupakan para operator data di 34 Perguruan Tinggi Swasta dibawah Kopertais Wilayah XIV Mataram.

Dikatakan, para operator ini merupakan bagian terpenting dalam keberlangsungan kampus, dimana para operator harus mengumpulkan data perguruan tinggi dan melaporkannya ke PDDIKTI maupun EMIS.

“PTKIS harus mengelola PDDIKTI dengan baik, professional dan akuntabel agar data yang disajikan adalah data yang valid serta data yang dapat dipertanggungjawabkan”, Ujar Nazar Naamy.

Selama workshop, peserta diberi kesempatan untuk berdiskusi langsung dengan narasumber, sehingga kendala yang dihadapi dilapangan dapat dicarikan solusinya.