Mataram – Koordinatorat Perguruan Tinggi Agama Islam Swasta (Kopertais) Wilayah XIV Mataram menggelar Workshop Open Journal System (OJS) Kopertais Wilayah XIV Mataram dengan Pengelola Jurnal PTKIS binaan KOPERTAIS Wilayah XIV Mataram Bali, NTB, dan NTT bertajuk Penguatan Tata Kelola Jurnal Menuju Jurnal Terakreditasi yang berlansung di Auditorium Kampus I UIN Mataram (13/10/2021).

Kegiatan yang diikuti 30 orang pengelola jurnal terpilih, difasilitasi oleh Kopertais Wilayah XIV Mataram dengan menghadirkan pembicara utama Yoga Dwi Arianda, S.T., Kemenristek Dikti bagian pengelolaan Jurnal dan Kamirsyah Wahyu, dari Pengelola Jurnal UIN Mataram SINTA 2.

Rektor UIN Mataram selaku Koordinator Kopertais Wilayah XIV Mataram Prof. Dr. H. Masnun, M.Ag., saat membuka acara menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan Workshop Tata Kelola dan Klinis OJS Jurnal ini, Ia juga menyampaikan pelaksanaan kegiatan ini sangat bermanfaat, karena pengelolaan jurnal tidak bisa dilepaskan dari kebutuhan perguruan tinggi. selanjutnya beliau berharap agar kegiatan tersebut diikuti secara penuh oleh seleuruh peserta secara aktif sampai selesai dengan tetap menerapkan protocol kesehatan.

“Penulisan jurnal memiliki peran strategis dalam mempertajam visi Perguruan Tingi kedepan. Hayana beberapa jurnal di PTKIS binaan Kopertais XIV Mataram sudah terindeks SINTA, walaupun baru Terindeks Sinta.” Ujarnya

“Harapannya setelah agenda workshop ini dapat berakselerasi menuju terakreditasi sesuai standar akreditasi jurnal nasional (ARJUNA). Tentu Jurnal Progresif di PTKIS binaan Kopertais XIV Mataram kedepan semoga segera mendapat predikat terakreditasi,” tambah Nazar Naamy.

Kegiatan ini diharapkan dapat membantu pengelola jurnal untuk membuka wawasannya terkait pentingnya peran pengelola dalam menjalankan pengelolaan jurnal, serta pentingnya akreditasi jurnal yang berkualitas dan bereputasi di tingkat nasional.