Mataram (ItjenNews) – Tim Auditor Inspektorat Wilayah IV Itjen Kemenag melaksanakan entry meeting Audit Program Bantuan Lembaga pada Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta di lingkungan provinsi Nusa Tenggara Barat pada Rabu (24/8/2022) bertempat di Ruang Rapat Kopertais XIV Mataram, Kampus I UIN Mataram.

Mewakili Koordinator Kopertais XIV Mataram, Nazar Naamy selaku Sekretaris Kopertais XIV Mataram menyampaikan di hadapan tim dan perwakilan Perguruan Tinggi Keagamaan Islam Swasta (PTKIS) yang diaudit bahwa terhadap pelaksanaan keuangan negara, sekecil apapun wajib dipertanggungjawabkan. 

Kopertais dalam pelaksanaan bantuan telah melaksanakan baik sosialisasi dan juga memberikan rekomendasi kepada lembaga yang sebagai persyaratan pengajuan bantuan. 

“Kami, Kopertais, masih lemah dalam monitoring pelaksanaan program bantuan tersebut”, Nazar mengakui kelemahan Kopertais saat ini dan berkomitmen untuk melaksanakan monitoring program bantuan dalam rangka penguatan kualitas dan kuantitas pelaksanaan program tersebut.

Pengendali Teknis Audit, Jufri, menyampaikan bahwa penugasan pengawasan ini dimaksudkan untuk melihat tata kelola bantuan mulai dari pengajuan sampai dengan pelaksanaan bantuan dengan memastikan kesesuaiannya dengan aturan dan juknis. 

“Audit ini bertujuan untuk mendapatkan keyakinan yang memadai terhadap keberhasil program afirmasi pemerintah dalam bentuk bantuan sarana dan prasarana PTKIS. Keyakinan tersebut melingkupi pengujian terhadap ketepatan sasaran, jumlah, waktu, penggunaan, dan prosedur bantuan,” tutur Jufri.

Sementara itu Ketua Tim Audit, Abdul Hamid menyatakan audit ini akan memberikan rekomendasi tata kelola bantuan lembaga.

“Hasil audit ini nanti disampaikan kepada baik unit teknis pengelola program bantuan maupun Kopertais dalam bentuk rekomendasi untuk perbaikan proses bisnis pelaksanaan program bantuan baik dari sisi kebijakan dan juga teknis pelaksanaan program-program bantuan selanjutnya”, tambah Hamid.

Pada kesempatan ini, audit menyasar dua PTKIS di Lombok Tengah. Selain itu juga ada tim terpisah yang menyasar dua PTKIS lainnya di Bima.

Sumber : http://itjen.kemenag.go.id/web/jaga-akuntabilitas-itjen-lakukan-audit-program-bantuan-lembaga-di-ntb

Share This

Yuk Share!

Yuk Share ke teman-temanmu!